Minggu, 08 Mei 2016

ESSAY PENGARUH TAYANGAN TELEVISI TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK



Pengaruh Tayangan Televisi Terhadap Perkembangan Moral Anak

Hadirnya beberapa stasiun televisi di Indonesia dapat dijadikan sebagai suatu prestasi, yang mana tayangan televisi dapat memeberikan pengaruh untuk mencerdaskan bangsa Indonesia.Bahwa kehadiran televisi telah membawa pengaruh dan kemajuan bangsa Indonesia, yang banyak memberikan informasi-informasi yang dapat mencerdaskan bangsa Indonesia.
Pemunculan televisi yang sudah semakin canggih dapat memeberikan manfa’at bagi anggota masyarakat untuk memajukan wawasan ekonomi,politik,sosial,budaya dan lain-lain. Dengan adanya televisi ini wawasan bangsa Indonesia semakin meluas dan berkembang pesat,yang mana dihadirkan beberapa tayangan-tayangan yang menarik  untuk merebut hati penonton.
Pada penayangan televisi dihadirkan sebuah judul-judul sinetron anak-anak yang sering beertema vulgarisme,menantang,dan mengandung unsur ponografi.Bahkan seorang pencari bakat daris sebuah rumah produksitrekenal tanah air, (yang pernah diwawancarai oleh penulis) mengatakan bahwa untuk dijadikan artis itu yang terpenting adalah cantik dan ganteng bukanlah bakat usianya pada anak-anak 6-13 tahun.
Adanya faktor-faktor yang menjadi jenis-jenis peran yang dimainkan sangat tidak mendidik dan bertabrakan dengan norma pergaulan masyarakat yang belum sesuai dengan tingkat perkembangan psikologisnya. Ada pula faktor lain seperti banyaknya alur cerita sinetron remaja yang mengambil setting anak-anak akan tetapi tidak sesuai norma agama yag semestinya.
Banyak sekali kasus-kasus yang membuat tingkat kemoralan anak menjadi terdigradasi oleh banyaknya adegan-adegan yang ditayangkan ditelevisi.
Adanya pengaruh yang dianut dengan luapan emosi yang tak tertahankan lagi, dimana penonton tersebut dapat melakukan adegan-adegan yang dilihatnya itu sebagai bentuk luapan emosionalnya.
           Pada perkembangannya sintron di Indonesia kian hari kian memeprihatinkan, bukan hanya menampilkan jalan cerita yang kurang bagus, namun juga memeberikan pesan moral yang benar dan bermanfa’at kepada masyarakat.Dapat kita ketahui bahwa apabila dalam tahapan ini mereka sering sekali meniru ataupun menjadikan pemeran perilaku idolanya di layar televisisebagai identitas meniru pribadinya. Yang parahnya kebannyakan yang ditiru malah justru hal-hal yang bersifat negatif sehingga apabila dibiarkan akan berpengaruh membahayakan untuk generasi muda di Indonesia. Karenanya perlu adanya tindakan tegas dari pemerintah dan lembaga berwenang.
            Banyaknya program-program televisi yang memeberikan pengaruh bagi anak untuk di tonton gambar-gambar menarik,indah berwarna hanya pada pesawat televisi saja,sedangkan media elektronik lain seperti radio dapat dinikmatis saja melalui indra pendengaran kita saja.
            Media lainnya pun mempengaruhi perkembangan moral anak yang mana orangtua harus mengawasi sepenuhnya apa-apa yang dilakukan anak remaja, yang saat ini sangat dikhawatirkan kelakuannya.Jadi pinter-pinter sebagai orangtua mengawasi dengan benar, karena perkembangan moral  anak sangatlah penting untuk diperhatikan,apalagi pada media-media yang sudah sangat moderen seperti saat ini.
            Pemunculan sinetron dan film sangatlah berkembang pesat dan didalamnya terdapat tema-tema yang menarik  untuk dipertontonkan, dimana terdapat pesan moral yang positif serta negatif.
            Dimana televisi itu merupakan alat yang penting untuk kebanyakan orang yang menghadirkan berbagai macam informasi penting yang dapat kita pahami.Pada penggunaan televisi telah menjadi pembahasn yang penting,dan televisi disini dapat mengakses semuanya yang bermanfa’at untuk kebutuhan umat manusia.

           









Tidak ada komentar:

Posting Komentar